Di dalam dunia bisnis akan ada namanya hubungan satu
divisi dengan divisi yang lainnya. Dengan adanya hubungan tersebut dapat
membuat job des masing-masing tertata rapi dan bisa saling membantu antar
lainnya. Pertama saya akan membahas hubungan satu dengan yang lainnya tidak
secara keseluruhan seperti hubungan lobi dan negoisasi dan lain-lain. Setelah
itu Saya hubungkan semuanya dengan jobdes yang berbeda tetapi tetap selalu
berhubungan.
LOBI DAN NEGOISASI
Lobi adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan yang dilakukan untuk
mempengaruhi dengan tujuan kepentingan tertentu. Lobi dilakukan dengan pendekatan awal yang
menjurus ke suatu tujuan yang menguntungkan, baik satu ataupun kedua belah
pihak. Dengan adanya Lobying proses negoisasi bisa mendapatkan suatu kesepakatan yang memberikan keuntungan
bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini tidak ada satupun pihak yang merasa
dirugikan atau dikalahkan akibat adanya kesepakatan dalam bernegosiasi.
Suatu proses negosiasi selalu melibatkan dua orang atau lebih yang saling
berinteraksi, mencari suatu kesepakatan kedua belah pihak, dan mencapai tujuan
yang dikehendaki bersama kedua belah pihak yang terlibat dalam negosiasi. Dengan
kata lain, hasil dari sebuah negosiasi adalah adanya suatu kesepakatan yang
memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.
WAWANCARA BISNIS
Suatu wawancara melibatkan pewawancara (interviewer) dan orang yang
diwawancarai (interviewer). Agar wawancara dapat berhasil baik, infornasi harus
mengalir dengan baik diantara mereka. Oleh karena itu ketrampilan dan pemahaman
mengenai proses wawancara menjadi penting bagi keduanya. Dalam wawancara
dibutuhkan public speaking yang akan mendukung diri Anda dalam berkomunikasi
saat menjawab sebuah pertanyaan. Wawancara yang
ditemukan dalam bisnis dapat dikelompokkan menjadi wawancara yang didominasi
oleh pertukaran informasi, dan wawancara yang didominasi oleh pertukaran
perasaan.
PUBLIC SPEAKING
Pengertian public speaking secara umum adalah Kemampuan berbicara di
depan umum yang merupakan sebuah keterampilan. Dalam kegiatan ini biasanya
berdasar dari sebuah latihan, pengalaman bebricara dan praktek berbicara di
depan orang banyak. Dengan tujuan untuk meyakinkan audiens mengenai tentang
kebenaran sesuatu yang ingin kita sampaikan. Dengan harapan, jika sebelumnya
audiens belum meyakini 100% tentang kebenaran itu, dengan sesudahnya kita
menyampaikan materi public speaking tersebut, audiens akan menjadi lebih yakin
tentang hal itu.
MANAJEMEN
MEETING
Rapat adalah berkumpulnya sekelompok orang
untuk menyatukan pemikiran guna melaksanakan urusan perusahaan. Rapat di bagi
menjadi 2 yaitu rapat formal yang melibatkan empat orang atau lebih, dan Rapat
organisasi dimaksudkan untuk berkomunikasi, perencanaan, penetapan
kebijaksanaan, pengambilan keputusan, atau pemberian motivasi kepada armada
penjualan. Manajemen meeting itu dilakukan dengan cara memanfaatkan
waktu dengan sebaik mungkin. Contoh dari manajemen meeting adalah diberikan
batas waktu untuk menyampaikan pendapat atau informasi.
PUBLIC RELATION
Public Relations (PR) alias hubungan masyarakat (humas) merupakan bagian organisasi
di perusahaan yang fungsinya lebih dari sekadar kontrol ketika bisnis mengalami
kesulitan. PR juga merupakan pendekatan umum dalam rencana pemasaran suatu
bisnis. Keberadaan PR sangat penting dalam menentukan keberhasilan bisnis.
KOMUNIKASI PEMASARAN
Komunikasi
pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang
berusaha menyebarkan informasi, pengetahuan, dan atau mengingat pasar sasaran
atas parusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada
produk yang ditawarkan produsen. Pada kenyataannya tidak semua konsumen
mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menyadari
adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya. Konsumen mungkin akan aktif
mencari informasi tersebut. Pada sisi lain produsen menyadari
situasi tersebut sehingga berusaha mengirim dan menyebarkan informasi tentang
produk (adanya produk baru, manfaat dan kegunaan produk, harga, dimana dan
kapan dapat dibeli, dsb) kepada mereka.
EMAIL DALAM
BISNIS
E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling
banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan
alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Sedangkan, e-mail
marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para
pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat
elektronik)
Manfaat E-mail
dalam Bisnis
Bersifat Pribadi
Informasi
terkirim lebih cepat Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para
pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka
sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.
Biaya lebih
Murah
Memang kita
membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh
lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik.
Kampanye dapat
diukur Kampanye yang kita lakukan
melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat
berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan
tersebut.
Kesimpulan Hubungan dari semua materi di
atas adalah Dimana Public Relation bisa melobi dan negosiasi kepada klien dalam
hal bisnis untuk mendapatkan tujuan yang sama. Dengan cara wawancara yaitu
pertukaran informasi dapat menghasilkan suatu masukan atau member pendapat
kepada orang lain dengan perasaan. Wawancara juga dapat diterapkan dalam lobbying
sebagai pendekatan kepada klien untuk mencapai tujuan yang saling menguntungkan.
Dalam wawancara, lobbying , dan negoisasi Public
Relation harus mempunyai kemampuan Public
Speaking yang mungkin bisa membantu Public
Relation dalam hal menyampaikan suatu hal sehingga klien dapat lebih
yakin tentang hal itu.
Public Relation yang sering
bertemu dengan klien atau customer pasti akan muncul yang namanya masalah atau complain
dari mereka. Nah dengan adanya Public
Relation kita dapat mengetahui
keluhan apa saja yang dialami oleh customer/klien tadi. Setelah Public Relation mengumpulkan keluhan
customer tadi, kemudia bisa dibahas saat meeting
atau rapat. Nah di dalam meting atau rapat ini para karyawan dapat mencari solusi,
menyatukan pikiran demi melaksanakan urusan perusahaan dan solusi untuk masalah
yang ada. Nah di dalam meeting atau
rapat itu terdapat yang namanya manajemen meeting. Manajemen
meeting ini ada ,untuk 2 hal yaitu meeting untuk mencapai hasil dengan waktu
yang ditentukan atau meeting dengan waktu yang telah ditentukan entah nantinya
itu mendaptkan hasil atau tidak. Akan lebih baik untuk menentukan batas waktu
dalam meeting atau rapat agar tidak
hanya manajemen meeting yang diterpakan tetapi juga manajemen waktu
juga mempengaruhi berlangsungnya manajemen meeting.
Untuk manajemen meeting yang
baik itu diberi waktu setiap karyawan dalam berpendapat dan yang memimpin meeting tersebut harus tegas dalam
memimpin karena jika tidak tegas meeting akan berjalan begitu lama sehingga
susah untuk mengambil keputusan. Dan jika pemimpin meeting tersebut tidak bisa memimpin
dengan baik maka pemimpin itu tidak akan dipercaya oleh atasannya lagi.
Nah Setelah mendapatkan solusi tadi Public
Relation bisa menyampaikan solusinya
dengan cara pendekatan dengan komunikasi yang baik. PR juga sangat penting
dalam menentukan keberhasilan bisnis.PR melakukan pendekatan untuk bisanya
produk baru diterima oleh masyaarakat dengan cara berusaha menyebarkan informasi mengingat
pasar sasaran atas parusahaan maupun produk, pengetahuan, agar bersedia
menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan perusahaan. Pada
kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi
kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi
kebutuhannya. Nah disini PR akan menjelaskan secara detail, mulai dari manfaat,
kegunaa, harga, dan dimana dan kapan dapat
dibeli.
Di dalam bisnis akan adanya namanya mengirm berkas kepada klien atau
klien mengirim ke perusahaan. Di dalam bisnis ini tersedia fasilita aplikasi
email yang akan membuat perusahaan sangat mudah menerima dan mengirim email.
Email dalam bisnis biasanya digu akan untu surat-menyurat yang akan memudahkan
komunikasi,cepat , dan efisien. Dengan adanya email divisi lain dapt mudah
mengirmnya dengan internet. Sebagai contoh jika klien setlah melalui tahap
lobbying dan negosiasi yang dilakukan dalam hal mempromosikan perusahan, dan
ketika itu klien meminta proposal untuk dikirimkan ke alamat emailnya. Bisa
juga ketika salah satu berada di luar kota dank lien minta dikirimkan proposal
perusahaan. Email dalm bisnis mempunyai manfaat yaitu bersifat pribadi, murah
dan cepat serta menghemat waktu.
Email dalam bisnis bisa digunakan sebagai alat komunikasi kepada klien.
Email ini berhubungan dengan komunikasi pemasaran yang akan memberikan gambaran
produk, perusahaan, pelayanan dan lain-lain. Sehingga informasi yang diterima
klien dapt lebih cepat dan mudah. Email digunakan hanya untuk yang bisa
dijangkau internet. Jadi ketika tempat tidak ada intenet lebih baik mengirimkan
dengan pos.
Di dalam bisnis lobbying dan negosiasi sangat berperan aktif. Bukan
hanya di luar perusahaan tapi juga di dalam perusahaan. Yang terkadang untuk
melakukan lobbying dan negosiasi perlu dengan kemampuan berbicara yang akan
mempengaruhi individu atau kelompok. Dengan tujuan untuk meyakinkan individu
atau kelompok mengenai tentang kebenaran sesuatu yang ingin kita sampaikan dan
tujuan untuk kesepakatan dan keuntungan bagi kedua pihak. Tidak bisa dipungkiri
Kehadiran Public Relation juga sangat
penting karena PR bukan hanya
mengontrol tetapi lebih dari itu PR sangat
penting dalam menentukan keberhasilan bisnis.
Dengan cara wawancara PR juga dapat memdapatkan informasi baik dari
dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Jika Di dalam perusahaan itu ,PR
bertugas untuk mewawancari tiap karyawan tentang kinerja dia selam di
perushaan.Nah jika diluar ruangan seperti menghubungkan perusahaan dengan
klien.. Peran PR sangat berpengaruh pada perusahaan. Karena PR yang akan
membangun citra perusahaan dengan sangat baik kemampuan public speaking yang harus sudah bisa member daya tarik kepada
perusahaan. Biasanya PR mengadakan CSR pada
suatu tempat untuk menimbulkan citra perusahaan sehingga nantinya produk
ataupun jasa yang dilakukan perusahaan, masyarakat dapat menerimanya. Setelah
diterima oleh masyarakat dari pihak perusahaan harus pandai berkomunikasi dalam
pemasaran produk atau jasa tersebut. Seperti menjelaskan manfaat , harga dan
lain-lain sambil menjual produk tersebut dengan kemampuan kommunikasi pemasaran
yang baik.
Sudah dipastikan materi di atas sangat berhubungan mulai dari lobi ,
negosiasi , wawancara bisnis yang penting untuk mendapatkan informasi, Public speaking yang akan membantu
meyakinkan klien , manajemen meeting jika
terjadi masalah dalam tahap lobi, negosiasi,wawancara akan diagendakan segera
mungkin, Public Relation yang akan berhubungan dengan semua orang dalam
hal lobi ,negosiasi wawancara dengan Public
Speaking yang akan mendapatkan tujuan ataupun solusi serta yang akan
berinteraksi di luar perusahaan dengan meningkatkan citraa perusahaan dengan
komunikasi pemasaran dan kemampuan Public
speaking yang dimiliki sehingga PR dapat terlihat bisnis perusahaan
berjalan dengan laancaar dan sesuai keinginan. Serta terdapat email yang
memudahkan dalam komunikasi surat menyurat baik dalam komunikasi pemasaran,
email juga bisa di manfaatkan karena cepat murah dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar