HUBUNGAN DI ANTAR SEMUA MATERI

Di dalam dunia bisnis akan ada namanya hubungan satu divisi dengan divisi yang lainnya. Dengan adanya hubungan tersebut dapat membuat job des masing-masing tertata rapi dan bisa saling membantu antar lainnya. Pertama saya akan membahas hubungan satu dengan yang lainnya tidak secara keseluruhan seperti hubungan lobi dan negoisasi dan lain-lain. Setelah itu Saya hubungkan semuanya dengan jobdes yang berbeda tetapi tetap selalu berhubungan.
LOBI DAN NEGOISASI
Lobi adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan yang dilakukan untuk mempengaruhi dengan tujuan kepentingan tertentu.  Lobi dilakukan dengan pendekatan awal yang menjurus ke suatu tujuan yang menguntungkan, baik satu ataupun kedua belah pihak. Dengan adanya Lobying proses negoisasi bisa mendapatkan  suatu kesepakatan yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini tidak ada satupun pihak yang merasa dirugikan atau dikalahkan akibat adanya kesepakatan dalam bernegosiasi.
Suatu proses negosiasi selalu melibatkan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi, mencari suatu kesepakatan kedua belah pihak, dan mencapai tujuan yang dikehendaki bersama kedua belah pihak yang terlibat dalam negosiasi. Dengan kata lain, hasil dari sebuah negosiasi adalah adanya suatu kesepakatan yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.
WAWANCARA BISNIS
Suatu wawancara melibatkan pewawancara (interviewer) dan orang yang diwawancarai (interviewer). Agar wawancara dapat berhasil baik, infornasi harus mengalir dengan baik diantara mereka. Oleh karena itu ketrampilan dan pemahaman mengenai proses wawancara menjadi penting bagi keduanya. Dalam wawancara dibutuhkan public speaking yang akan mendukung diri Anda dalam berkomunikasi saat menjawab sebuah pertanyaan. Wawancara yang ditemukan dalam bisnis dapat dikelompokkan menjadi wawancara yang didominasi oleh pertukaran informasi, dan wawancara yang didominasi oleh pertukaran perasaan.
PUBLIC SPEAKING
Pengertian public speaking secara umum adalah Kemampuan berbicara di depan umum yang merupakan sebuah keterampilan. Dalam kegiatan ini biasanya berdasar dari sebuah latihan, pengalaman bebricara dan praktek berbicara di depan orang banyak. Dengan tujuan untuk meyakinkan audiens mengenai tentang kebenaran sesuatu yang ingin kita sampaikan. Dengan harapan, jika sebelumnya audiens belum meyakini 100% tentang kebenaran itu, dengan sesudahnya kita menyampaikan materi public speaking tersebut, audiens akan menjadi lebih yakin tentang hal itu.
MANAJEMEN MEETING
Rapat adalah berkumpulnya sekelompok orang untuk menyatukan pemikiran guna melaksanakan urusan perusahaan. Rapat di bagi menjadi 2 yaitu rapat formal yang melibatkan empat orang atau lebih, dan Rapat organisasi dimaksudkan untuk berkomunikasi, perencanaan, penetapan kebijaksanaan, pengambilan keputusan, atau pemberian motivasi kepada armada penjualan. Manajemen meeting itu dilakukan dengan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Contoh dari manajemen meeting adalah diberikan batas waktu untuk menyampaikan pendapat atau informasi.
PUBLIC RELATION
Public Relations (PR) alias hubungan masyarakat (humas) merupakan bagian organisasi di perusahaan yang fungsinya lebih dari sekadar kontrol ketika bisnis mengalami kesulitan. PR juga merupakan pendekatan umum dalam rencana pemasaran suatu bisnis. Keberadaan PR sangat penting dalam menentukan keberhasilan bisnis.
KOMUNIKASI PEMASARAN
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, pengetahuan, dan atau mengingat pasar sasaran atas parusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen. Pada kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya. Konsumen mungkin akan aktif mencari informasi tersebut.   Pada sisi lain produsen menyadari situasi tersebut sehingga berusaha mengirim dan menyebarkan informasi tentang produk (adanya produk baru, manfaat dan kegunaan produk, harga, dimana dan kapan dapat dibeli, dsb) kepada mereka.
EMAIL DALAM BISNIS
E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Sedangkan, e-mail marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik)
Manfaat E-mail dalam Bisnis
Bersifat Pribadi
Informasi terkirim lebih cepat Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.
Biaya lebih Murah
Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik.
 Kampanye dapat diukur Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut.
Kesimpulan Hubungan dari semua materi di atas adalah Dimana Public Relation bisa melobi dan negosiasi kepada klien dalam hal bisnis untuk mendapatkan tujuan yang sama. Dengan cara wawancara yaitu pertukaran informasi dapat menghasilkan suatu masukan atau member pendapat kepada orang lain dengan perasaan. Wawancara juga dapat diterapkan dalam lobbying sebagai pendekatan kepada klien untuk mencapai tujuan yang saling menguntungkan. Dalam wawancara, lobbying , dan negoisasi Public Relation harus mempunyai kemampuan Public Speaking yang mungkin bisa membantu ­Public Relation dalam hal menyampaikan suatu hal sehingga klien dapat lebih yakin tentang hal itu.
Public Relation  yang sering bertemu dengan klien atau customer pasti akan muncul yang namanya masalah atau complain dari mereka. Nah dengan adanya Public Relation  kita dapat mengetahui keluhan apa saja yang dialami oleh customer/klien tadi. Setelah Public Relation mengumpulkan keluhan customer tadi, kemudia bisa dibahas saat meeting atau rapat. Nah di dalam meting atau rapat  ini para karyawan dapat mencari solusi, menyatukan pikiran demi melaksanakan urusan perusahaan dan solusi untuk masalah yang ada. Nah di dalam ­meeting atau rapat itu terdapat  yang namanya manajemen meeting. Manajemen meeting ini ada ,untuk 2 hal yaitu meeting untuk mencapai hasil dengan waktu yang ditentukan atau meeting dengan waktu yang telah ditentukan entah nantinya itu mendaptkan hasil atau tidak. Akan lebih baik untuk menentukan batas waktu dalam meeting atau rapat agar tidak hanya manajemen meeting  yang diterpakan tetapi juga manajemen waktu juga mempengaruhi berlangsungnya manajemen meeting.
Untuk manajemen meeting yang baik itu diberi waktu setiap karyawan dalam berpendapat dan yang memimpin meeting tersebut harus tegas dalam memimpin karena jika tidak tegas meeting akan berjalan begitu lama sehingga susah untuk mengambil keputusan. Dan jika pemimpin meeting  tersebut tidak bisa memimpin dengan baik maka pemimpin itu tidak akan dipercaya oleh atasannya lagi.
Nah Setelah mendapatkan solusi tadi Public Relation  bisa menyampaikan solusinya dengan cara pendekatan dengan komunikasi yang baik. PR juga sangat penting dalam menentukan keberhasilan bisnis.PR melakukan pendekatan untuk bisanya produk baru diterima oleh masyaarakat dengan cara berusaha menyebarkan informasi mengingat pasar sasaran atas parusahaan maupun produk, pengetahuan, agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan perusahaan. Pada kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya. Nah disini PR akan menjelaskan secara detail, mulai dari manfaat, kegunaa, harga, dan dimana dan kapan  dapat dibeli.
Di dalam bisnis akan adanya namanya mengirm berkas kepada klien atau klien mengirim ke perusahaan. Di dalam bisnis ini tersedia fasilita aplikasi email yang akan membuat perusahaan sangat mudah menerima dan mengirim email. Email dalam bisnis biasanya digu akan untu surat-menyurat yang akan memudahkan komunikasi,cepat , dan efisien. Dengan adanya email divisi lain dapt mudah mengirmnya dengan internet. Sebagai contoh jika klien setlah melalui tahap lobbying dan negosiasi yang dilakukan dalam hal mempromosikan perusahan, dan ketika itu klien meminta proposal untuk dikirimkan ke alamat emailnya. Bisa juga ketika salah satu berada di luar kota dank lien minta dikirimkan proposal perusahaan. Email dalm bisnis mempunyai manfaat yaitu bersifat pribadi, murah dan cepat serta  menghemat waktu.
Email dalam bisnis bisa digunakan sebagai alat komunikasi kepada klien. Email ini berhubungan dengan komunikasi pemasaran yang akan memberikan gambaran produk, perusahaan, pelayanan dan lain-lain. Sehingga informasi yang diterima klien dapt lebih cepat dan mudah. Email digunakan hanya untuk yang bisa dijangkau internet. Jadi ketika tempat tidak ada intenet lebih baik mengirimkan dengan pos.
Di dalam bisnis lobbying dan negosiasi sangat berperan aktif. Bukan hanya di luar perusahaan tapi juga di dalam perusahaan. Yang terkadang untuk melakukan lobbying dan negosiasi perlu dengan kemampuan berbicara yang akan mempengaruhi individu atau kelompok. Dengan tujuan untuk meyakinkan individu atau kelompok mengenai tentang kebenaran sesuatu yang ingin kita sampaikan dan tujuan untuk kesepakatan dan keuntungan bagi kedua pihak. Tidak bisa dipungkiri Kehadiran Public Relation juga sangat penting karena PR bukan hanya mengontrol tetapi lebih dari itu PR sangat penting dalam menentukan keberhasilan bisnis.
Dengan cara wawancara PR juga dapat memdapatkan informasi baik dari dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Jika Di dalam perusahaan itu ,PR bertugas untuk mewawancari tiap karyawan tentang kinerja dia selam di perushaan.Nah jika diluar ruangan seperti menghubungkan perusahaan dengan klien.. Peran PR sangat berpengaruh pada perusahaan. Karena PR yang akan membangun citra perusahaan dengan sangat baik kemampuan public speaking yang harus sudah bisa member daya tarik kepada perusahaan. Biasanya PR mengadakan CSR pada suatu tempat untuk menimbulkan citra perusahaan sehingga nantinya produk ataupun jasa yang dilakukan perusahaan, masyarakat dapat menerimanya. Setelah diterima oleh masyarakat dari pihak perusahaan harus pandai berkomunikasi dalam pemasaran produk atau jasa tersebut. Seperti menjelaskan manfaat , harga dan lain-lain sambil menjual produk tersebut dengan kemampuan kommunikasi pemasaran yang baik.

Sudah dipastikan materi di atas sangat berhubungan mulai dari lobi , negosiasi , wawancara bisnis yang penting untuk mendapatkan informasi, Public speaking yang akan membantu meyakinkan klien , manajemen meeting jika terjadi masalah dalam tahap lobi, negosiasi,wawancara akan diagendakan segera mungkin, Public Relation  yang akan berhubungan dengan semua orang dalam hal lobi ,negosiasi wawancara dengan Public Speaking yang akan mendapatkan tujuan ataupun solusi serta yang akan berinteraksi di luar perusahaan dengan meningkatkan citraa perusahaan dengan komunikasi pemasaran dan kemampuan Public speaking yang dimiliki sehingga PR dapat terlihat bisnis perusahaan berjalan dengan laancaar dan sesuai keinginan. Serta terdapat email yang memudahkan dalam komunikasi surat menyurat baik dalam komunikasi pemasaran, email juga bisa di manfaatkan karena cepat murah dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama dan Nim

Risky Danamonika Pratiwi 16340814111051